New Seven Generation: Hari keempat : Benda benda penerang - Skematologi Minggu Penciptaan

Rabu, 07 Maret 2018

Hari keempat : Benda benda penerang - Skematologi Minggu Penciptaan



Haleluya, kita lanjut pada hari yang keempat di mana Tuhan menciptakan benda benda penerang pada cakrawala. Mari kita lihat dalam kejadian 1 : 14 -19 demikian Firman Tuhan,” Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda  yang menunjukkan masa-masa  yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi." Dan jadilah demikian. Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar  untuk menguasai  siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam,  dan menjadikan juga bintang-bintang. Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi, dan untuk menguasai siang dan malam,  dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.”

Coba kita perhatikan pada ayat 14 dikatakan demikian,” Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam.”,kita melihat apa yang Tuhan kerjakan selanjutnya atas dunia ini. Tuhan menciptakan benda benda penerang, apa saja benda benda penerang itu ? kita mengenal jika siang hari maka ada Matahari yang menerangi setiap kegiatan manusia, sedangkan malam ada bulan dan bintang bintang yang bermunculan. Sehingga pada waktu siang  dengan cahaya yang luar biasa kita dapat bekerja dan beraktifitas sedangkan malam kita masih dapat cahaya bulan dan bintang. Hal ini coba kita bandingkan dengan kejadian 1: 3-4 ( lihat kembali hari penciptaan pertama). Pada hari pertama sudah ada terang yang bercahaya lalu kenapa Tuhan menciptakan benda penerang kembali pada hari ke 4??

Benda-benda  penerang
Coba perhatikan pada hari pertama, pada hari pertama menyatakan Tuhan Yesus Kristus  adalah terang yang sesungguhnya yang menyelamatkan umat manusia, maka perhatikan pada hari ke empat , ada hal yang ingin manusia yang percaya kepada Tuhan memiliki sifat yang sama seperti Tuhan yaitu terang. Terang yang dari Tuhan Yesus Kristsus itu diberikan kepada manusia yang percaya kepada-NYA supaya manusia yang percaya kepadaNYA menjadi anak anak terang yang menerangi dunia yang gelap.

Hal ini di pertegas dalam  Yoh 12: 36 yang berkata demikianPercayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang. " Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersembunyi dari antara mereka. “ Maka hal ini memperoleh penegasan yang kokoh bahwa dalam  Matius 5: 14 yang berkata demikian “ Kamu adalah terang dunia.  Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.” , Tuhan Yesus Kristus memberikan penegasan akan status manusia yang telah mengenal Allah, mengerti segala ketetapan Allah, yang telah di pisahkan dan bertumbuh dalam persekutuan dengan Tuhan Yesus Kristus dan sesama orang percaya.  

Dimana setelah mereka mengalami persekutuan dengan Tuhan Yesus Kristus, mereka harus dapat kembali ke dalam dunia ini (eksklusif). Bukan untuk menjadi gelap, melainkan menjadi terang yang menerangi orang orang yang dalam kegelapan. Maka perhatikan juga dalam Matisu 5 : 14 b - 16 dikatakan demikian “ Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah  itu.Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik  dan memuliakan  Bapamu yang di sorga.". Coba bandingkan dengan  Kisah para Rasul 1: 8 yang berkata demikian” kalau Roh Kudus turun ke atas kamu,  dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi”.

Hal ini menekankan kepada kita bahwa manusia  yang sudah mengenal akan Tuhan Yesus kristus harus dapat memperlihatkan cahaya kristus kepada orang lain, sehingga cahaya Kristus sebagai suratan hidup yang nyata  dapat dilihat dan baca semua orang.  

Hal ini di pertegas dalam   2 korintus 3: 2 -3a dikatakan demikian “ Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang. Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup,  bukan pada loh-loh batu,  melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia “ bahkan dalam  1 Tesalonika 1: 5 dipertegas dan dikatakan demikian “ Sebab Injil  yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan  oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh. Memang kamu tahu,  bagaimana kami bekerja di antara kamu oleh karena kamu.

Sehingga apa yang manusia telah terima dari Tuhan Yesus Kristus ( hari pertama sampai hari ketiga) , dinyatakan kembali / disaksikan dengan pertolongan Roh Kudus dalam sikap, perilaku, bahkan pelayanan yang di kerjakan oleh orang percaya. Sehingga apa yang disaksikan menjadi suratan Kristus yang  kokoh yang memiliki bentuk nyata dari kasih Kristus,terang Kristus, dan kuasa Kristus  dalam manusia yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus benar benar nyata dalam kehidupan sehari hari. Inilah bentuk eksklusif atas orang Kristen yang Tuhan rencanakan / rancangkan / gambarkan dalam hidup orang percaya.  

Kita kembali ke kejadian 1: 14 , Perhatikan ayat 14b dikatakan demikian” Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan  masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun.”. Haleluya, kita melihat ada 3 hal yang dinyatakan fungsi dari benda benda penerang yaitu : masa-masa yang tetap, hari-hari, dan tahun- tahun. Melalui benda benda penerang tersebut  manusia dapat mengenal yang namanya sebuah sistem waktu yang jelas tentang tahun dan masa masa yang telah kita pelajari pada jaman ini.
Sebenarnya ada hal hal yang perlu kita pahami tentang fungsi waktu yang Tuhan Yesus buat bagi benda benda penerang pada kejadian 1:14, kita lihat dari yang paling singkat :

Masa masa yang tetap = kendali Tuhan
Coba bandingkan dengan Kisah para rasul 1:6, demikian Firman Tuhan “ Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?” dan Yesaya 33: 6 demikian Firman Tuhan “ Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan  ialah hikmat dan pengetahuan; takut akan TUHAN, itulah harta benda Sion.”. Kita melihat bahwa setiap manusia yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan mau menjadi saksiNya, maka Tuhan Yesus tunjukan bahkan buktikan bahwa Dialah yang memegang kendali atas segalanya. Bahkan kita dapat melihat dalam  kisah para rasul 7: 49-50 yang menjelaskan demikian “Langit adalah takhta-Ku, dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku. Rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, demikian firman Tuhan, tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku? Bukankah tangan-Ku sendiri yang membuat semuanya ini? “  Maka sangat jelas bahwa hidup manusia ada di dalam tangan Tuhan, tetapi manusia yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus pasti akan di arahkanNya untuk mendapatkan hal yang terbaik. Walaupun harus melewati berbagai hal baik maupun buruk.

Hari hari = Kebijaksanaan Tuhan  
Coba kita  bandingkan dengan Mazmur 90 :12 dikatakan demikian “ Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian , hingga kami beroleh hati yang bijaksana.”, dari mazmur Raja Daud, kita  belajar bahwa hari hari yang kita lalui bersama dengan Tuhan Yesus Kristus bahkan menjadi saksiNya. Maka manusia yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus terus belajar mengenal Tuhan , melaksanakan setiap perintahNya dan tetap bersekutu dengan Tuhan pasti memperoleh bijaksana yang luar biasa berlandaskan kehendak Tuhan Yesus Kristus.

Hal ini kita lihat dalam kehidupan Daniel dan ketiga orang temannya, baca dalam Daniel 1: 1-21. Kita melihat bagaimana Daniel, Hananya, Misael dan Azarya yang mempertahankan pengenalannya, menjalankan kehendak Tuhan dan bersekutu dengan Tuhan, Tuhan berikan pengetahuan dan kepandaian (kebijaksanaan) yang luar biasa yang berbeda dengan manusia manusia lainnya yang tidak mengenal Tuhan . Hal ini dipertegas dalam Yesaya 33: 6 yang berkata bahwa  “Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan  ialah hikmat dan pengetahuan; takut akan TUHAN, itulah harta benda Sion.”.

Dengan demikian, kita mengetahui bahwa ada harta kekayaan sorgawi yang luar biasa yang Tuhan berikan bagi manusia yang mau setia kepada Tuhan dan mau melakukan yang terbaik untuk Tuhan Yesus Kristus. Tuhan Yesus Kristus tahu segala kebutuhan hidup kita, bahkan apa yang kita perlukan untuk melayani Tuhan, hal tersebut pasti Tuhan berikan ( termasuk kuasa yang Tuhan sudah janjikan kepada setiap orang yang percaya kepadaNya)

Tahun tahun = Janji Tuhan yang akan datang  
Coba kita bandingan dengan ayub 36: 11 dikatakan demikian” Jikalau mereka mendengar dan takluk, maka mereka hidup mujur sampai akhir hari-hari mereka dan senang sampai akhir tahun-tahun mereka.” dan bandingkan juga dengan amsal 10 :27 dikatakan demikian “ Takut akan TUHAN memperpanjang umur,  tetapi tahun-tahun orang fasik diperpendek” dari 2 ayat diatas kita melihat  bagaimana tahun tahun yang kita lewati bersama dengan Tuhan Yesus Kristus pasti memperoleh masa depan ( rancangan Tuhan)  yang cerah dan keberuntungan bahkan umur panjang yang Tuhan telah sediakan bagi manusia yang percaya kepadaNYA.

Dari ketiga hal diatas maka genaplah nas Firman Tuhan dalam Yeremia 29: 11 dikatakan “ Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan  apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan  yang penuh harapan. “ Haleluya, janji Tuhan yang Tuhan telah sediakan bagi manusia yang setia dan taat kepada-Nya adalah yang berbeda dengan dimiliki dunia ini dan bahkan yang terbaik dari segala yang ada di dalam dunia ini.

Maka akhir dari perkataan Tuhan dalam kejadian 1: 15 demikian “... dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.". Haleluya, inilah yang menjadi tujuan Tuhan Yesus memilih manusia yang percaya kepada Tuhan untuk ikut menerangi bumi yaitu menjadi bentuk nyata dari Kasih Tuhan Yesus Kristus dan untuk menyelamatkan orang orang yang berdosa, agar bertobat dan berbalik dari yang jahat. Maka genaplah apa yang dikatakan dalam Matius 28 : 18-20 dikatakan demikian” Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa  murid-Ku dan baptislah  mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu  senantiasa sampai kepada akhir zaman. ".

Setelah kita melihat bahwa Tuhan membuat benda benda penerang, maka dalam ayat yang ke 16 dikatakan “ Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar  untuk menguasai  siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.”. Coba bandingan dengan 1 kor 15: 41 dikatakan demikian ”Kemuliaan matahari lain dari pada kemuliaan bulan, dan kemuliaan bulan lain dari pada kemuliaan bintang-bintang, dan kemuliaan bintang yang satu berbeda dengan kemuliaan bintang yang lain.”.  Kita melihat bahwa ada 3 bentuk kapasitas yang berbeda sebagai bekal agar  manusia yang percaya dapat menjadi saksi Kristus. Hal ini  juga dapat kita samakan dengan perumpamaan Tuhan Yesus dalam Injil Matius 25: 14-30 yang menceritakan tentang talenta yang diberikan kepada manusia yang percaya kepadaNya.

Ada 3 orang hamba  yang diberikan talenta oleh tuannya. Ada yang diberikan 5 talenta, 3 talenta, bahkan 1 talenta. Kita melihat bagaimana kerja keras yang dilakukan orang yang memiliki 5 talenta dan 3 talenta sehingga dapat memberikan yang lebih kepada tuannya, tetapi yang satu talenta hanya memendamnya dan mengembalikan sama seperti apa yang telah diterimanya.

Kita telah melihat bagaimana Tuhan Yesus Kristus memberikan hal yang luar biasa kepada manusia yang mau percaya kepadaNYA. Tuhan Yesus sudah memberikan kasih sehingga kita boleh dan dapat mengenal Dia ( hari pertama), Tuhan Yesus mengajarkan berbagai janjiNya dan ketetapannya kepada manusia yang percaya kepadaNya (hari kedua), bahkan Tuhan Yesus memisahkan manusia yang percaya kepada Dia supaya manusia yang percaya dapat tumbuh dan merasakan berkat yang telah sediakan( hari ketiga).

Ini merupakan modal dasar yang Tuhan Yesus berikan dan bagaimana kita memperoleh besarnya kapasitas itu tergantung bagaimana pemahaman kita dan pengenalan kita terhadap Tuhan. Coba bandingkan dengan Markus 4: 24 dikatakan demikian “ Lalu Ia berkata lagi: "Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu , dan di samping itu akan ditambah lagi  kepadamu”. Maka genaplah hal yang tertulis  dalam 1 Kolose 15 : 41 bahwa ada ukuran pengenalan dan pengertian kita kepada Tuhan Yesus Kristus  yang menjadi pertimbangan untuk mendapatkan 1 talenta (bintang-bintang), ada yang 3 talenta (bulan) dan ada yang 5 talenta ( Matahari ). Dan setiap orang yang sudah melewati tahap anak anak minimal akan memiliki 1 talenta    

Coba bandingkan dengan Markus 4: 21- 25, kita akan lihat pada ayat yang ke 25b dikatakan demikian “.Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil  dari padanya. ". Sehingga kita boleh mengerti bahwa manusia yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus harus dapat dan mampu untuk bersaksi / memberikan apa yang Tuhan Yesus berikan kepada dia untuk menunjukkan kepada dunia bahwa dia adalah pengikut Kristus. Jika tidak, maka dalam Markus 4: 25b dikatakan bahwa semuanya akan diambil dari padanya. Sehingga boleh dikatakan manusia yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus akan mundur secara perlahan ( dalam kondisi terus menerus akan murtad).   

Hal ini dipertegas dalam 2 Tesalonika 2:3 yang berkata bahwa “Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad  dan haruslah dinyatakan  dahulu manusia durhaka  , yang harus binasa, “ . Di akhir zaman akan banyak orang yang mundur dari Tuhan, karena tidak bersaksi dan  tidak memiliki pengenalan yang benar / kapasitas yang besar dalam pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus / mudah untuk disesatkan.

Tetapi ketika manusia yang percaya kepada Tuhan, walaupun memiliki talenta / kapasitas  yang paling sedikit (memiliki cahaya seperti bintang), tetapi memiliki kehausan / kerinduan akan pengenalan dan pengertian akan Tuhan serta setia dalam persekutuan dengan Tuhan dan sesama.  Percaya, Tuhan Yesus pasti tolong dan akan memberikan pertumbuhan kepada manusia yang percaya tersebut serta  memperbesar kapasitasnya . Hal ini di pertegas dalam Matius 5:6 yang berkata” Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran  , karena mereka akan dipuaskan.” dan Markus 4: 25 a dikatakan bahwa “ Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi,...”. Bukan hanya sampai memiliki cahaya sampai bulan, tetapi memiliki cahaya seperti matahari. Bahkan hal ini dipertegas  dalam Amsal 4: 18 dikatakan bahwa” Tetapi jalan orang benar  itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari” dan dalam Ayub 25: 5 dikatakan demikian” Sesungguhnya, bahkan bulanpun tidak terang dan bintang-bintangpun tidak cerah di mata-Nya.”

Dengan demikian, kita mengerti bahwa Tuhan Yesus ingin manusia yang percaya kepada Tuhan Yesus memiliki kapasitas yang besar ( Seperti Matahari)  dalam pengenalan dan pengertian akan kehendak dan kemauan Allah dalam hidup manusia. Sehingga manusia tersebut dapat bersaksi dan menunjukkan kepada dunia siapa Tuhan Yesus Kristus.  

Pada kalimat terakhir dikatakan “ Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.”. Seperti halnya hari ke tiga, kita melihat  bahwa Allah memberikan penghargaan kepada manusia yang percaya kepada Tuhan dimana Allah sangat suka jika kita tetap dalam rencana Tuhan Yesus yang telah disediakan bagi kita.  Maka kata paling terakhir dalam ayat ini di tulis jadilah petang dan jadilah pagi. Pengertian kita  dan kasih mula mula kita terus di jaga dan terus belajar akan segala keketapan Tuhan dan melakukannya. Sehingga kita semakin bertumbuh dan semakin bercahaya untuk kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus.

Haleluya, ketika manusia yang percaya kepada Tuhan sudah mencapai pada tingkatan ini maka mereka akan mengalami masa sebagai orang orang muda rohani. Coba kita lihat dengan seksama dalam  1 Yohanes 2: 13b yang dikatakan demikian” Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu telah mengalahkan yang jahat.” dan ayat 14b dikatakan demikian “ hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat.”. Kita melihat bahwa kriteria pada tingkat orang orang muda rohani yaitu : orang yang mengalahkan yang jahat ( hari keempat), orang yang kuat dan setia kepada Firman Tuhan (hari kelima) . Sehingga kita dapat melihat bahwa pada tingkatan ini manusia yang percaya kepada Tuhan dipercayakan untuk mengalahkan si jahat dengan cara memberitakan Injil kepada setiap manusia. Mari kita lihat hari penciptaan ke lima



Selanjutnya : Hari kelima : binatang di laut dan udara  - Skematologi Minggu Penciptaan 



minta softcopy " Skematologi Minggu Penciptaan " keseluruhan : di sini
Tanggapan : samuelliputra@gmail.com

Posting Komentar
User-agent: Mediapartners-Google Disallow: User-agent: * Disallow: /search Sitemap: http://newsevengeneration1.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated